Solusi Pemerintah dalam Menstabilkan Harga Ayam Broiler

Akhir-akhir ini harga ayam broiler memang cenderung tidak stabil dikarenakan beberapa hal. Dalam mengatasi hal ini maka pihak Ditjen PKH akan mewajibkan oleh pihak integrator supaya menyampaikan produksi Day Old Chicken atau DOC di setiap bulannya dengan cara melalui pelaporan secara online terutama dengan tujuan pendistribusiannya.

Mengingat bahwa untuk harga daging ayam yang ada di pasaran cenderung tidak stabil maka pemerintah memberikan solusi supaya bisa menstabilkan harga daging ayam. pemerintah telah melakukan upaya seperti yang dijelaskan diatas supaya lebih mudah mengetahui produksi DOC dalam budidaya internal integrator serta mendistribusikan pada peternak mandiri.

Berikut ini beberapa upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam menstabilkan harga ayam broiler yaitu:

  • Melakukan asosiasi

Pemerintah melakukan asosiasi kepada para peternak unggas supaya melakukan penyampaian data dari peternak mandiri itu sendiri. Dengan hal ini maka pemerintah bisa mengetahui produksi budidaya internal integrator atau DOC.

  • Meningkatkan serapan karkas

Solusi yang kedua yaitu pemerintah meminta para pelaku usaha integrator supaya dapat meningkatkan serapan karkas yang ada di RPHU atau Rumah Potong Hewan Unggas. Tujuannya yaitu untuk ditampung pada cold storage yang mana hal ini akan dijadikan sebagai cadangannya.

  • Tidak dijual dalam kondisi segar

Pasar pada komoditas unggas yang ada di Indonesia telah didominasi oleh fresh komoditi, dalam kondisi ini maka produk akan menjadi lebih rusak. Dalam mengatasinya pihak pemerintah mengharapkan hasil dari usaha ternak tidak lagi dijual dalam kondisi ayam segar akan tetapi ayam olahan, ayam beku maupun inovasi produk yang lainnya. Dengan cara inilah maka untuk harga ayam di peternak kembali normal lagi.

  • Pengaturan bibit ayam

Langkah selanjutnya yang dilakukan supaya harga ayam lebih stabil yaitu pemerintah memberikan aturan pada kebijakan di berbagai aspek misalnya seperti pengaturan bibit ayam, menyeimbangkan supply, mengatur mutu benih bibit dengan sertifikat dan yang lainnya.

Selain keempat langkah yang ada di atas maka pihak pemerintah juga akan melakukan pengawasan supaya harga ayam di pasaran tidak kembali dalam kondisi stabil namun bisa menjadi normal seperti sedia kala. Selain pengawasan pemerintah pun juga merencanakan untuk membekalinya dengan tambahan ilmu.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*